Menu

Mode Gelap
Movies On A Budget: 5 Tips From The Great Depression If You Want To Be A Winner, Change Your Movie Philosophy Now! Warning: What Can You Do About Movie Right Now Little Known Facts About Movie – And Why They Matter The Death Of Movie And How To Avoid It

Mom · 21 Sep 2022 17:45 WIB ·

Ini yang Terjadi pada Janin Saat Masih Berusia 1-5 Minggu Dalam Kandungan


 Ini yang Terjadi pada Janin Saat Masih Berusia 1-5 Minggu Dalam Kandungan Perbesar

Buzzerindonesia, Jakarta – Kehamilan yang normal terjadi selama maksimal 40 minggu atau sekitar 9 bulan. Hitungan minggu memang lebih sering digunakan oleh dokter atau bidan saat lakukan pemeriksaan kehamilan. Hal itu bukan tanpa alasan.

“Karena setiap minggu itu pasti ada perkembangan yang terjadi, baik itu perkembangan janin maupun yang terjadi pada ibu. Maka kita berpatokan usia kehamilan minggu bukan bulan. Secara medis pakai hitungan minggu lebih diutamakan,” jelas dokter Jeffry Kristiawan pada kanal YouTube Tanyakan Dokter.

Setiap minggu janin selalu tumbuh. Di bawah ini dijelaskan bagaimana pertumbuhan bayi selama 5 minggu pertama dalam kandungan ibu.

1. Usia 1-3 minggu pertama

Sebenarnya tidak banyak yang diketahui tentang pertumbuhan saat 1 sampai 3 minggu pertama. Setelah adanya hubungan intim, pembuahan sel sperma menemui sel telur bisa berlangsung sekitar 3 sampai 4 hari atau bahkan lebih lama, tergantung dari kualitas sel sperma dan ketersediaan sel telur.

Pada kondisi ini, ketika sudah terjadi pembuahan, hanya ada satu sel sperma yang bisa membuahi satu sel telur, kecuali kalau terjadi pembuahan kembar.

Setelah itu bakal janin itu akan membelah atau disebut juga zigot dan berkembang jadi embrio yang ukurannyaasih sangat kecil.  

janin
Sosial Media

Itu sebabnya, selama usia janin baru 1 sampai 3 minggu tidak banyak hal yang terjadi. Ibu juga mungkin belum sadar kalau sedang hamil.

Setelah terjadi pembuahan di saluran tuba, kemudian bakal janin akan dibawa ke rahim agar bisa menempel di dinding rahim.

Tanda kehamilan yang dirasakan biasanya baru nyeri perut bagian bawah, seperti saat ingin menstruasi. Selain itu juga payudara jadi nyari dan agak membesar. Lantaran gejalanya mirip seperti akan menstruasi, ibu masih mengira kalau akan menstruasi.

2. Minggu ke-4

Masuk usia 4 minggu, janin masih berbentuk bakal janin yang sangat kecil. Tetapi, sudah terjadi penebalan rahim. Selain itu, juga telah ada pembuluh darah baru di rahim dan bakal janin sudah mulai menempel di sana. 

Pada saat itu, sebagian ibu mungkin sudah menyadari telah telat menstruasi. Atau juga muncul gejala flek infantasi, di mana muncul bercak darah yang jumlahnya sedikit di luar jadwal mens. Tetapi hanya terjadi 1 sampai 2 hari dan warnanya bisa cokelat atau bahkan pink.

Pada usia 4 minggu ini, ibu sudah bisa tes kehamilan untuk memastikan hamil atau tidak. 

3. Minggu ke-5 

Pertumbuhan janin mulai terjadi. Seperti pembentukan sistem saraf, otak, sistem pencernaan, pembuluh darah, organ dalam, perlahan mulai terbentuk. Kantung janin, air ketuban, dan ari-ari juga mulai terbentuk. Tetapi memang belum terlihat melalui tes USG.

Pada kondisi ini ibu sebenarnya tidak merasakan hal khusus. Mungkin awal kehamilan gejala itu muncul, tapi tidak terlalu terasa karena hormon kehamilan masih perlahan naiknya.

Source : Suara.com

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov DKI Targetkan Pemasangan Pagar Tebet Eco Park Rampung Awal 2023

13 Desember 2022 - 11:16 WIB

Eco Park

Perwira Paspampres-Kowad Sudah Beberapa Kali Berhubungan Intim

12 Desember 2022 - 12:09 WIB

Paspampres

Drakor My Secret Romance: Cara Nonton, Sinopsis, dan Pemain

2 Desember 2022 - 10:33 WIB

Sering Dibilang Halu, Pinkan Mambo Resmi Juluki Dirinya Sendiri Sebagai Presiden Akal Tidak Sehat

1 Desember 2022 - 11:44 WIB

Pinkan mambo

Klarifikasi VAST Entertainment: Hyun Bin Dampingi Son Ye Jin Melahirkan

29 November 2022 - 11:25 WIB

VAST

Cinta Laura Pernah Insecure Lihat Banyak Artis yang Bikin Konten YouTube

28 November 2022 - 10:48 WIB

cinta laura
Trending di Bisnis